Sering Lelah? Lakukan Aktivitas ini agar Tubuh Bugar Sepanjang Hari

Kelelahan adalah reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh karena kekurangan energi. Kelelahan ini dapat dialami siapa saja. Terkadang Anda merasa tidak melakukan banyak aktivitas namun tubuh Anda terasa sangat lelah. Atau sebaliknya terkadang Anda melakukan banyak aktivitas namun tubuh tetap bugar sepanjang hari. Hal ini mungkin karena Anda belum mengetahui aktivitas apa saja yang sebenarnya harus dilakukan setiap harinya agar tubuh terasa bugar sepanjang hari.

  • Cara Mendidik Anak Agar Sabar

Makan makanan berserat akan melancarkan pencernaan Anda sehingga tidak mudah lapar dan lelah. Begitu juga dengan gandum yang menyediakan energi yang stabil sepanjang hari. Tidak seperti makanan yang mengandung gula yang cepat mengisi energi cepat pula habis dalam tubuh. Gandum lebih stabil menjaga energi dalam tubuh. Maka konsumsilah makanan berserat dan gandum dalam menu makan Anda.

  • Sarapan pagi

Hal ini benar-benar tidak boleh terlewatkan. Sarapan pagi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Peneliti menunjukkan bahwa orang yang selalu meluangkan waktu untuk sarapan pagi lebih bisa menjaga mood dan tidak cepat lelah sepanjang hari. Maka sarapan pagi sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tidak cepat lelah apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat.

  • Air putih

Selain sarapan pagi, gandum dan makanan berserat, air putih juga memegang peranan penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Pasalnya air adalah komponen utama tubuh untuk transportasi dalam setiap aktivitas dalam. Misalnya metabolisme, penyaluran oksigen dan filtrasi, semuanya memerlukan air. Oleh karena itu, asupan air dalam tubuh perlu dijaga. Anda hanya perlu minum 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter air per harinya agar tubuh terasa bugar dan tidak mudah lelah.

  • Tidur siang

Tubuh adalah mesin utama untuk menjalankan aktivitas harian. Tubuh akan mudah lelah dan tidak bugar apabila Anda terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas. Maka untuk mengurangi resiko tersebut, tidur siang sangat dianjurkan. Dengan tidur siang antara 10 hingga 15 menit setiap hari, Anda bisa mengistirahatkan tubuh, jiwa dan pikiran Anda untuk sementara waktu. Tidur siang ini seperti menambahkan energi pada tubuh sehingga nantinya aktivitas Anda dapat dijalankan tanpa rasa lelah dan tubuh tetap bugar.

  • Aktivitas fisik

Bagi Anda yang jarang beraktivitas dan sering merasa lelah perlu menanamkan kebiasaan yang satu ini. Sebuah penelitian menunjukkan dengan aktivitas berjalan kaki selama 10 menit dapat menambahkan energi pada tubuh. Nah, ini membuktikan bahwa gerak tubuh atau olahraga adalah sarana yang baik untuk menjaga stamina dan menambah energi pada tubuh. Maka bagi Anda yang sering merasa lelah tanpa aktivitas padat atau dengan aktivitas yang monoton, baik untuk membiasakan jalan pagi, siang atau sore agar tubuh tatap bugar sepanjang hari.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY