Hindari Minuman dan Makanan ini Jika Ingin Tenggorokan Sehat

Tenggorokan adalah salah satu organ tubuh yang sebenarnya sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bayangkan bila Anda sedang mengalami masalah pada tenggorokan. Banyak hal yang tidak dapat dilakukan misalnya berbicara, mengobrol atau menyanyi. Sebenarnya cukup mudah untuk menjaga kesehatan tenggoroka. Selain menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, Anda juga hanya perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat tenggorokan bermasalah.

Diantara makanan dan minuman yang menyebabkan tenggorokan sakit adalah:

  • Minuman beralkohol dan cafein tinggi

Minuman yang beralkohol dan cafein tinggi seperti bir dan pepsi sangat berpotensi menimbulkan kerusakan atau sakit pada tenggorokan. Pasalnya, minuman ini memicu produksi asam lambung yang berlebihan dan menekan katub tenggorokan. Asam lambung yang diproduksi secara berlebihan tersebut bisa masuk ke tenggorokan dengan mudah dan menimbulkan berbagai macam kerusakan. Anjurannya, tubuh manusia maksimal memberi asupan alkohol sebesar 600 gram per hari. Maka bagi Anda yang gemar dengan minuman kaleng, mulailah menghentikannya dan menggantinya dengan makanan yang tidak membuat tenggorokan sakit serta mengkonsumsi minuman sehat yaitu air putih.

  • Makanan berlemak

Makanan berlemak tinggi memang akan memanjakan lidah. Namun tahukah Anda bahwa makanan ini selain memicu obesitas juga bisa membuat tenggorokan mengalami kerusakan dan mudah sakit? Makanan berlemak sangat sulit dicerna oleh tubuh dan menekan sistem kekebalan tubuh. Makanan berlemak ini juga berpotensi meninggalkan lemak pada tenggorokan dan sulit dihilangkan. Maka inilah yang menyebabkan tenggorokan bermasalah seperti peradangan dan lainnya.

  • Makanan asam

Makanan asam seperti jeruk dan limau akan memperburuk kondisi tenggorokan Anda apabila sedang mengalami gangguan. Anda memang membutuhkan vitamin C dan nutrisi lain untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jika tenggorokan sedang radang, Anda memang perlu untuk menghidari makanan tinggi asam. Maka untuk mengatasi tenggorokan sakit,  alternatifnya, Anda bisa makan buah yang lembut seperti melon, kiwi dan persik. Untuk menambahkan vitamin C, Anda bisa konsumsi paprika merah sebagai pengganti.

  • Makanan pedas

Makanan pedas memang bermanfaat untuk memicu mood yang baik dan membuat rasa bahagia muncul Namun rasa pedas tadi ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan tenggorokan seperti memicu timbulnya radang dan asam lambung yang naik. Ketahanan diri manusia akan rasa pedas memang berbeda-beda. Maka kenalilah tubuh Anda dan konsumsilah makanan pedas ini secukupnya sehingga tubuh Anda tidak rentan terkena penyakit tenggorokan dan lainnya.

  • Makanan bertekstur kasar

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah tenggorokan makanan ini harus segera dihindari. Pasalnya, makanan bertekstur kasar seperti roti kering, sayuran mentah dan makanan lain yang sulit dikunyah sering menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tenggorokan. Gantilah makanan-makanan yang bertekstur kasar tersebut dengan makanan yang lembut seperti yoghurt, susu, kentang tumbuk, telur dan lainnya. Dengan menghindari berbagai macam makanan dan minuman diatas, diharapkan Anda bisa menjaga kesehatan tenggorokan dan menurunkan resiko sakit pada tubuh yang berhubungan langsung dengan tenggorokan.

Semoga bermanfaat 🙂

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY