Anda Mudah Capek? Biasakan Kebaikan Ini untuk Mengatasinya

Capek adalah reaksi tubuh untuk mengindikasikan energi yang tersimpan sudah habis. Maka seperti baterai, energi di dalam tubuh juga harus di re-charge. Ketika merasa capek, tubuh Anda seakan tidak memiliki daya untuk bergerak dan beraktivitas. Biasanya yang dilakukan adalah meluangkan waktu sejenak untuk melepas capek itu sendiri dan me-recharge tubuh. Namun hal itu tidak akan berlangsung lama, tubuh Anda juga akan rentan capek untuk waktu-waktu selanjutnya.

Masalah ini akan sering diatasi oleh orang-orang dengan kuantitas kerja yang padat. Obat yang biasa digunakan selain istirahat sejenak adalah dengan minum minuman berenergi yang sebenarnya hanya doping sesaat dan berdampak buruk bagi tubuh nantinya. Maka dengan membiasakan kebiasaan-kebiasan yang baik berikut ini, Anda diharapkan bisa terhindar dari masalah mudah capek.

Tips Menghindari capek

  • Sarapan pagi

Bagi beberapa pola diet, sarapan pagi sering dihapuskan. Namun ini benar-benar tidak baik bagi Anda yang memiliki aktivitas padat. Kebiasaan baik sarapan pagi ini akan menjaga stabilitas energi yang Anda punya. Usahakan sarapan pagi ini adalah sarana untuk memasukkan berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh. Karena sebenarnya bukan hanya aktivitas di luar yang membutuhkan energi, namun juga aktivitas tubuh di dalam seperti metabolisme dan peredaran darah juga membutuhkan energi.

Maka baik sekali jika sarapan pagi menjadi kebiasaan Anda. Namun jangan sembarang makanan yang Anda masukkan dalam tubuh. Makanan cepat saji dan minuman beralkohol tentu sangat dilarang. Pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh yang kaya akan karbohidrat, protein, mineral dan nutrisi lain yang baik. Tubuh Anda akan senantiasa bugar dan sehat juga tidak mudah capek. Pasalnya energi yang dibutuhkan untuk aktivitas dalam dan luar tubuh sudah di sediakan dengan baik.

  • Air Putih Cukup

Sebagian besar tubuh terdiri dari air. Air ini setiap harinya bersirkulasi untuk menyerap dan menyalurkan oksigen dan sari makanan dalam tubuh. Maka air memegang peranan yang besar bagi kesehatan tubuh. Jika semua sistem berjalan dengan baik maka tubuh juga akan bereaksi dengan baik. Tubuh menjadi sehat dan tidak mudah capek. Maka cukupi kebutuhan air di dalam tubuh dengan minum 8 gelas per hari atau setara dengan 1,5 liter per hari.

  • Istirahat Cukup

Seperti mesin pada umumnya, tubuh manusia juga membutuhkan istirahat untuk memulihkan staminanya. Tubuh membutuhkan fase untuk relax dan mengembalikan kondisi seperti semula. Maka dengan istirahat yang cukup yaitu sekitar 7 hingga 8 jam per hari, tubuh akan di-recharge dan kembali ke kondisi semula. Tubuh akan lebih siap melakukan aktivitas harian. Selain menjaga kesehatan, istirahat yang cukup juga akan menghidarkan Anda dari kelelahan.

Perlu anda ketahui, kesegaran wajah anda akan terasa kurang pas jika wajah lesu dan terlihat sangat lelah dan itu akan mempengaruhi kecantikan anda. Semoga membantu :).

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY