Penting! Ini Kandungan Kosmetik Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Sudah menjadi kodrat bahwa, setiap wanita pasti ingin dilihat dan terlihat cantik entah bagaimanapun keadaannya, termasuk saat hamil dan menyusui. Ada yang tidak tahu bagaimana cara memilih kosmetik yang aman untuk mereka saat hamil. Ada pula yang tidak menggunakan kosmetik yang dipakai biasanya saat dia hamil. Ada juga yang sengaja mengganti kosmetik mereka dengan kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Karena sudah banyak dan menjamurnya produk kosmetik yang beredar dipasaran. Ada baiknya ibu hamil dan menyusui jeli memilih kosmetik yang akan ia gunakan. Jangan sampai, penggunaan kosmetik yang tadinya ingin cantik, ternyata memberikan efek bahaya untuk kesehatan janin dan anak yang kita asuh. Bukan berarti ibu hamil tidak boleh pakai kosmetik ya.. Melainkan harus berhati-hati.

Berikut adalah jenis kosmetik yang tidak aman untuk ibu hamil dan ibu hamil yang harus anda tahu:

Kandungan kosmetik yang tidak boleh untuk ibu hamil

Ibu hamil harus mencari tahu apa saja zat-zat yang tidak boleh masuk kedalam tubuh selama kehamilan. Selain membahayakan janin tentunya, kosmetik yang tidak baik untuk tubuh juga akan memberikan efek samping yang mengerikan jika digunakan dalam waktu yang lama dan terus menerus. Kandungan yang tidak boleh ada didalam kosmetik saat anda hamil beberapa diantaranya adalah:

  • Retinoid

Kandungan ini bisa mengakibatkan cacat pada janin yang dikandung. Zat ini biasanya ditemukan pada kosmetik anti penuaan dan anti jerawat.

  • Asam salisilat

Asam salisilat/calicyl acid dapat meningkatkan potensi komplikasi pada ibu hamil serta cacat janin. Bahan ini sering terdapat pada obat-obatan dan obat anti jerawat. Ada beberapa bahan bentuk lain dari asam salisilat yang aman digunakan seperti AHA, glycolic acid, dan lactic acid.

  • Pewarna rambut

Pasti banyak dari kita yang sudah tahu bahwa, segala jenis pewarna khususnya pewarna rambut mengandung banyak bahan kimia yang tidak baik untuk janin yang ada dalam kandungan.

  • Tabir Surya

Tidak semua kosmetik yang menurut kita baik itu juga memberikan efek yang baik pula saat kita sedang hamil. Pertimbangkan kembali jika anda ingin memekai tabir surya saat hamil. Perhatikan dan pahami zat apa saja yang terkandung didalamnya.

Jika kosmetik anda mengandung bahan-bahan diatas, ada baiknya untuk berhenti menggunakan kosmetik tersebut selama hamil dan menyusui. Atau anda bisa menggunakan kosmetik lain yang sudah terbukti aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Pengaruh kosmetik terhadap ibu hamil

Tanpa atau disadari, kosmetik yang kita gunakan juga memiliki banyak pengaruh untuk ibu hamil. Karena penyerapannya kedalam kulit yang kemudian masuk kedalam aliran darah. Jika janin disalam kandungan kita teerkena bahan kosmetik yang tidak baik untuk ibu hamil serta mengakibatkan sesuatu yang buruk padanya. Ada baiknya kita hindari hal tersebut untuk menjaga kesehatan janin. Atau, jika anda memang ingin tetap terlihat cantik mempesona, memilih produk kecantikan yang aman untuk janin juga merupakan solusi tepat.

Anda bisa mencoba serangkaian produk dari Zalfa Miracle, karena kosmetik Zalfa terbukti aman untuk ibu hamil dan menyusui karena kandungannya yang sudah teruji.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY