Cara Merawat Kulit Wajah yang Baik Saat Cuaca Panas

kulit lembabSetiap kali kita berbicara mengenai kesehatan kulit dan perawatan kulit, kebanyakan orang cenderung berpikir tentang merawat kulit di musim hujan atau saat dingin. Walaupun memang kebanyakan kulit membutuhkan perawatan ekstra pada saat saat dingin, namun kulit juga membutuhkan perawatan saat cuaca panas. Cuaca panas yang terik dan lembab seperti di Indonesia menghaluskan kulit dirawat dengan cara yang khusus.

Setiap tahun khususnya pada musim kemarau, matahari bersinar dengan cukup terik dan mengandung banyak sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memudarkan kecantikan anda. Perawatan kulit di musim panas sebenarnya tidak terlalu sulit. Semua yang anda butuhkan adalah membersihkan dan melembabkan kulit secara teratur serta tidak lupa juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi atau cukup cairan.

 

Cara Merawat Kulit wajah saat cuaca panas

 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerusakan kulit pada saat musim panas.

1.  Pembersih dari lemon

Lemon dianggap sebagai agen pemutih dan merupakan bahan yang baik untuk membersihkan kulit. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, tidak ragu lagi lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan kelebihan minyak diwajah. Cara menggunakannya pun sangat sederhana,

    •  Pertama, sediakan satu sendok makan jus lemon dan campurkan dengan satu sendok makan madu
    •  Lalu aduk hingga rata dan oleskan di kulit anda.
    •  Setelah itu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dan cuci dengan air bersih.

2.  Membuat semprotan wajah

Jika anda sering beraktivitas di luar ruangan atau di tempat tempat yang panas, anda bisa membuat semprotan wajah menggunakan air biasa. Jika anda tidak menyukai semprotan wajah, anda bisa menyediakan atau menggunakan air bersih yang anda sediakan di dalam botol untuk sesekali diusapkan kewajah. Metode tersebut terbukti ampuh untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dan lembab selama berada di tempat yang panas.

3.  Selalu menjaga kelembaban kulit

Pelembab tidak hanya penting digunakan saat musim dingin dimana kulit menjadi kering, namun juga penting digunakan sepanjang tahun. Bahkan di hari hari saat anda banyak berkeringat melembabkan kulit juga tetap penting dan bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat.

Biasanya karena kondisi cuaca yang sangat panas menyebabkan anda terus menerus berkeringat. Tubuh kehilangan air dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat cepat. Bisa dibayangkan itu merupakan salah satu penyebab dehidrasi dan kekeringan pada kulit. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus menjaga kulit agar tetap lembab dengan cara mencuci wajah atau menggunakan semprotan wajah seperti yang telah disampaikan pada tips no 2. Selain itu, cara untuk melembabkan wajah juga bisa dengan menggunakan krim pelembab yang tidak terlalu tebal dan ringan.

Anda bisa menggunakan sabun pencuci wajah  Zalfa Miracle Facial Wash untuk dipakai setiap hari. Dengan kandungan ekstrak witch hazel dan tea tree oil yang dimilikinya, kelembaban kulit akan selalu terjaga. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki Zalfa Miracle Facial Wash adalah, membebaskan wajah anda dari jerawat.

4.  Gunakan payung

Untuk merawat kulit di musim panas, payung juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya digunakan saat musim hujan, payung juga dapat mencegah anda dan meredam panasnya sinar matahari sangat dianjurkan untuk selalu membawa payung saat anda keluar dan terpapar sinar matahari karena dapat membantu menciptakan penghalang antara kulit anda dari terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan dehidrasi dan juga bahaya yang diakibatkan oleh sinar matahari seperti kanker kulit.

5.  Sunblock

Siapa pun tidak akan menyangkal bahwa sunblock sangat bermanfaat terutama apabila digunakan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung. Sunblock adalah cara terbaik melindungi kulit dan tubuh dari sinar ultraviolet yang merusak. Demikian, anda harus memeriksa jenis sunblock yang anda beli sebelum menggunakannya. Sunblock yang anda gunakan tidak boleh terlalu tebal karena dapat menghalangi pori pori untuk bernafas sehingga menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat, komedo dan lainnya.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

COMMENT ( 1 )

  • Airieta

    gane nak gune care yang lebih mudah eh

GIVE A REPLY