7 Makanan Kaya Antioksidan Pencegah Penuaan Dini

green teaSeiring dengan bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan elastisitas dan menjadi lebih tipis serta rentan. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikan proses penuaan. Walau demikian, kita masih memiliki kesempatan untuk memperlambat proses tersebut dengan memilih makanan yang tepat serta sehat.

Salah satu kontributor utama dalam penuaan dini adalah kerusakan yang disebabkan pada kulit oleh radikal bebas. Setiap hari kita terkena polusi dan juga terpapar sinar matahari. Selain itu, pilihan makanan yang tidak sehat juga turut menyebabkan penuaan dini menjadi lebih cepat.

 

Makanan kaya antioksidan pencegah penuaan dini

 

Beruntung sekali terdapat beberapa makanan disekitar kita yang kaya akan antioksidan dan dapat melawan radikal bebas sehingga memungkinkan untuk mencegah atau memperlambat proses penuaan dini, termasuk juga tanda-tandanya. Makan yang kaya anti oksidan akan mengurangi garis-garis kerutan dikulit maupun bintik-bintik hitam. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya antioksidan dan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan.

  •  Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu superhero dari makanan yang kaya antioksidan. Secangkir teh hijau yang dikonsumsi secara teratur dapat memberikan keajaiban untuk tubuh dan juga kulit anda. Antioksidan yang disebut katekin pada teh hijau dapat memperbaiki kerusakan sel dan mengurangi keriput.

  • Jeruk

Vitamin C juga merupakan antioksidan. Dan jeruk adalah salah satu sumber vitamin C. Vitamin C dikenal memiliki kemampuan untuk melawan flu atau pilek, dan juga dapat membantu seseorang dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Jeruk membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit dan bekerja sebagai antioksidan yang cukup kuat dalam melawan radikal bebas. Jadi sudah saatnya anda mengkonsumsi setidaknya beberapa buah jeruk setiap hari.

  •  Telur

Cukup aneh memang mengetahui bahwa telur adalah sumber antioksidan yang cukup kuat. Dan dikatakan bahwa telur mentah adalah sumber antioksidan yang terbaik. Bagian kuning telur mengandung tirosine dan tryptophan. Keduanya dikenal memiliki antioksidan yang cukup kuat dan dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan melawan radikal bebas penyebab kerutan serta garis-garis halus di kulit.

  • Anggur

Hampir semua jenis anggur terutama yang memiliki kulit berwarna gelap adalah makanan yang kaya antioksidan. Anggur banyak mengandung vitamin C dan fitokimia, antosianin dan proantosianidin yang dapat melawan radikal bebas dan membantu melindungi anda dari penyakit jantung serta kanker.

Selain itu, anggur juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

  • Kacang

Banyak diantara kita yang menyukai kacang karena rasanya yang enak dan bisa dimakan kapanpun, baik itu saat dijadikan sayuran maupun saat dijadikan cemilan. Kacang memiliki manfaat yang besar serta mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kacang memiliki campuran khusus yang terdiri dari lemak sehat, antioksidan, serta berbagai jenis nutrisi lainnya. Semua kandungan yang dimiliki oleh kacang tersebut sangat baik untuk bahan anti penuaan.

  • Sayuran berwarna hijau gelap

Sangat banyak sayuran berwarna hijau gelap yang bisa kita temukan setiap hari seperti, bayam, brokoli, dan lain-lain. Setiap sayuran berdaun hijau gelap merupakan sumber vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang dosisnya cukup tinggi. Tentu saja selain sayuran diatas, ada banyak sayuran berdaun hijau gelap lainnya yang mudah kita temui setiap hari di pasar. Sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik, sayuran hijau tua mengandung antioksidan fitokimia yang dapat melawan radikal bebas. Tidak hanya sebagai sumber gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, sayuran berdaun hijau tua juga mengandung serat yang membantu anda menurunkan berat badan.

  •  Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung serta kanker. Selain manfaat tersebut, ternyata minyak zaitun juga mengandung polifenol yang cukup tinggi dan merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai obat luar maupun dimanfaatkan untuk pengobatan dari dalam tubuh, seperti, dicampurkan kedalam makanan.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY