Penyebab Wajah Berminyak Dan Cara Mengatasinya

wajah berminyakApakah anda sering merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri setelah beberapa jam beraktifitas di sekolah, atau di kantor karena mendapati kulit wajah anda yang selalu saja saja sudah mengkilat karena berminyak?

Ada beberapa mengapa kulit memproduksi minyak berlebih. Selain karena faktor hormon, produksi minyak di wajah juga bisa disebabkan karena kurangnya perawatan. Dan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Memiliki kulit wajah berminyak ada untung dan ruginya. Keuntungannya adalah kulit akan menjadi awet muda, kulit menjadi kuat, dan elastis. Minyak dapat melindungi kulit wajah dari debu, polusi, dan panas sinar matahari.

Akan tetapi, kulit berminyak juga membawa beberapa kerugian diantaranya adalah. Wajah jadi terlihat mengkilat dan tidak enak dipandang, produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi lebih lebar, minyak dapat mengundang bakteri yang menyebabkan jerawat dan komedo.

Berikut penjelasan mengapa wajah memproduksi terlalu banyak minyak.

  • Yang pertama adalah karena faktor Hormon

Minyak dan jerawat akrab dengan remaja atau ketika seseorang berada dimasa pubertas. Pada masa-masa itulah hormone seringkali tidak seimbang, karena terjadi perubahan-perubahan pada tubuh, sifat, dan lain sebagainya. Termasuk juga psikologi seseorang.

  • Makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak

Makan makanan yang mengandung lemak dapat merangsang produksi minyak berlebih pada wajah. Contoh beberapa makanan berlemak yang dapat merangsang produksi minyak berlebih adalah kacang tanah.

  • Faktor DNA atau keturunan

Jika anda adalah seorang keturunan dari seseorang yang memiliki sejarah kulit wajah berminyak pada masa mudanya. Kemungkinan besar anda juga akan memiliki wajah berminyak, faktor genetik ini tidak bisa dicegah akan tetapi bisa dikurangi dengan beberapa cara.

  • Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak .oleh karena itu, ada baiknya anda membaca dan memperhatikan terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan oleh produk kosmetik yang akan anda gunakan.

Dengarkan dari mereka yang pernah atau memiliki pengalaman menggunakan produk tersebut, atau anda dapat membaca di beberapa artikel yang ada bagaimana produk itu bereaksi terhadap kulit.

  • Menggunakan sabun yang terlalu keras

Sabun yang bersifat terlalu keras seperti sabun antiseptik atau sabun badan yang mengandung banyak busa sebenarnya tidak terlalu baik untuk wajah. Karena, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga, memicu wajah memproduksi minyak lebih banyak untuk melindungi kulit.

Setelah anda tahu beberapa sebab mengapa kulit wajah bisa berminyak, atau memproduksi minyak berlebih. Sekarang saatnya kita mencoba mengurangi kadar minyak di wajah.

Jangan menghilangkan minyak tersebut secara terus-menerus. Karena seperti yang telah disebutkan di atas. Minyak sangat baik untuk kulit wajah, akan tetapi dalam jumlah yang terlalu banyak tentu saja ini dapat merugikan.

Cara Mengtasi wajah Berminyak

Faktor DNA

Untuk kulit wajah yang berminyak akibat faktor ketidak seimbangan hormone. Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini, di antaranya adalah.

Dengan menjaga dan mengontrol makanan yang dikonsumsi.
Selain itu anda juga dapat mengurangi produksi minyak di wajah dengan cara mencuci muka menggunakan air hangat pada pagi hari untuk membuka pori agar minyak serta kotoran dapat terangkat dengan lebih mudah.
Selain itu anda juga dapat menggunakan tomat untuk mengontrol dan menyerap minyak pada kulit wajah anda. Caranya cukup mudah.

  • Ambil beberapa tomat lalu iris,
  • Usapkan di wajah anda
  • Lakukan tips ini sebelum anda tidur, kemudian
  • Bersihkan wajah anda ketika anda bangun tidur dengan menggunakan air hangat.

Faktor cuaca

Pada kondisi tertentu, misalnya pada saat cuaca bersinar dengan terik dan panas. Biasanya pori-pori juga akan mengeluarkan banyak minyak. Pada kondisi tersebut kita bisa memanfaatkan es batu untuk membuat pori-pori mengecil atau menutup kembali. Efek dingin yang dimiliki oleh es batu dapat menyejukan wajah. Selain itu, tentu saja minyak tidak akan terlalu banyak keluar karena pori-pori yang sempit.

Faktor kosmetik

Bagi anda yang memiliki wajah berminyak setiap saat akibat pemakaian kosmetik yang tidak tepat atau akibat pemakaian sabun yang salah. Salah satu solusi yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi minyak diwajah yaitu dengan menggunakan blotting paper.

Blotting paper atau kertas hisap memiliki cara kerja yang sangat sederhana yaitu, dapat menyerah minyak wajah tampa membuatnya menjadi kering. Selalu sediakan kertas hisap di tas anda agar anda bisa menggunakannya kapanpun anda butuhkan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda ikuti dan terapkan untuk mengatasi minyak berlebih di wajah anda.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

COMMENT ( 1 )

GIVE A REPLY