Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan

apukatAlpukat adalah buah yang bentuknya mirip seperti buah Pear dan memiliki daging yang menyerupai mentega. buah ini memiliki kandungan lemak serta kalori yang tinggi. Selain itu, buah ini juga terkenal memiliki gizi yang banyak serta kaya akan manfaat.

Alpukat termasuk ke dalam keluarga tanaman jenis Lauraceae, nama ilmiahnya adalah Persea Americana. Selain “Alpukat”, masih ada beberapa julukan lain yang disematkan untuk buah ini. Seperti, Avocado (Inggris), Aligator Pear, Butter Pear, Aguacate dll.

Alpukat memiliki pohon yang tingginya sedang-sedang saja. Biasanya tingginya berkisar antara 20 s/d 30 kaki. Dengan daun berwarna hijau, berbentuk lebar. Pohon ini membutuhkan tanah yang subur dan sedikit lembab untuk bisa tumbuh. Alpukat mengeluarkan daun mudanya pada musim dingin atau pada musim hujan. Kemudian setelah itu, alpukat akan mulai berbunga dan berbuah sekitar 8 hingga 10 bulan kemudian.

Buah ini memiliki kesamaan dengan pisang, yaitu buahnya bisa menjadi tua atau masak ketika berada di pohon. Setelah tua alpukat bisa dipanen kemudian diperam hingga matang. Ciri-ciri buah alpokat yang sudah matang biasanya akan berubah warna menjadi hijau gelap atau ungu. Selain itu, buah akan menjadi empuk dan jika dibuka, daging buahnya berwarna kekuning-kuningan seperti mentega, dan memiliki aroma khas yang tidak terlalu menyengat. Pada kondisi normal, buah alpukat memiliki berat sekitar 300-700 gram.

Berikut adalah kandungan serta manfaat yang di miliki oleh alpukat diantaranya adalah:

  • Kaya akan kalori dan lemak,

Selain itu alpukat kaya akan serat, vitamin mineral, dan nutrisi. Daging buahnya merupakan sumber utama mono-unsaturated fatty acidsyang mengandung oleic dan palmitoleic acid yaitu kandungan yang memiliki manfaat seperti Omega 6.

Mono-unsaturated fatty acids dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, serta membantu menaikkan kadar kolesterol baik. Daging alpukat juga bermanfaat untuk melawan stroke serta menurunkan tekanan darah.

  • Alpukat merupakan sumber serat

Di dalam 100 gram alpukat terkandung 67 gram serat atau setara denagn 18% kebutuhan serat harian. Serat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol di dalam darah dan dapat mencegah sembelit.

  • Memiliki kadar tanin

Kandungan selanjutnya dimiliki oleh buah ini adalah. Memiliki kadar tanin yang tinggi. Yaitu sebuah senyawa polyphonic yang terkenal memiliki manfaat sebagai agen anti nutrisi, yang bermanfaat untuk anti inflammatory, anti ulcer,dan antioksidan. Senyawa antioksidan polyphonicyang dimiliki oleh buah alpukat memiliki kandungan cryptoxanthin, lotte, zeaxanthin beta, dan alpha karoten. Kandungan ini dapat melindungi kita dari radikal bebas dan R.O.S (Reactive Oxygen Species), yaitu senyawa yang dapat menjadikan kita tua. Selain itu radikal bebas juga merupakan sumber penyakit.

Buah ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Karena, mengandung banyak vitamin seperti pertamina Vitamin E dan K, vitamin ini banyak terkandung terutama pada daging buahnya.
Alpukat juga kaya akan mineral seperti magnesium, besi, mangan, dan tembaga. Magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang. Mangacan merupakan sumber utama enzim antioksidan superoxide dismutase. Sedangkan besi dan tembaga dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

  • Potasiumatau sofa kalium sulfat

Yang terakhir, buah alpukat juga mengandung potasiumatau sofa kalium sulfat. dalam 100 gram buah apakah mengandung sekitar 485 mg atau sama dengan 10% dari kebutuhan harian kita.

Kalium sulfat merupakan komponen penting dalam sel dan darah yang membantu mengatur tekanan darah, tekanan jantung, serta dapat melawan efek buruk dari sodium.

Tiap 100g Alpukat Mengandung

Kandungan Jumlah
Energi 160 KKL
Karbohidrat 8.53 gr
Protein 2.0 gr
Lemak 14.66 gr
Kolesterol 0 mg
Serat Diet 6.7 gr
Vitamin Jumlah
Folat 81 µg
Niacin 1.738 mg
Pantothenic acid 1.389 mg
Pyridoxine 0.257 mg
Riboflavin 0.130 mg
Thiamin 0.067 mg
Vitamin A 146 IU
Vitamin C 10 mg
Vitamin E 2.07 mg
Vitamin K 21 µg
Elektrolit Jumlah
Sodium 7 mg
Kalium 485 mg
Minerals Jumlah
Kalsium 12 mg
Tembaga 0.190 mg
Besi 0.55 mg
Magnesium 29 mg
Mangan 0.142 mg
Pospor 52 mg
Selenium 0.4 µg
Zinc 0.64 mg
Gizi Jumlah
Carotene-α 24 µg
Carotene-ß 62 µg
Cryptoxanthin-ß 28 µg
Lutein-zeaxanthin 271 µg

Nah, sekarang anda sudah tahu betapa banyak manfaat buah apukat yang sering anda konsumsi bukan.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY