Apa Itu Radikal Bebas Dan Antioksidan?

zalfa cosmeticsTahukah Anda Apa Itu Radikal Bebas Dan Antioksidan? Ketika kita membaca beberapa tips dan trik seputar kecantikan, atau berbicara mengenai berbagai manfaat makanan, minuman, dan bahan-bahan yang lain untuk kesehatan. Seringkali penulis menyebut-nyebut tentang antioksidan dan radikal bebas serta kolagen. Dan yang menjadi pertanyaan, apa sebenarnya fungsi, manfaat serta bahaya antioksidan dan radikal bebas? Mengapa dalam banyak tips kecantikan dua hal ini sering disebut-sebut?

Berikut adalah penjelasannya agar anda tidak bingung dan tahu mengapa antioksidan sangat dibutuhkan untuk melawan radikal bebas, serta bagaimana antioksidan berfungsi untuk memberikan anda kecantikan serta kesehatan.
Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dan fungsi antioksidan.

Kita akan memulai dari Radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab penuaan dini pada seseorang.

Sebenarnya apa itu radikal bebas?

Radikal bebas terdapat di dalam tubuh manusia, berfungsi sebagai salah satu pendamping proses pembentukan energi. Pada jumlah yang tidak terlalu banyak radikal bebas sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu lekosit atau sel darah putih dalam melawan serta melindungi tubuh dari kuman yang masuk kedalam tubuh.

Akan tetapi, radikal bebas yang terlalu banyak ternyata bisa berakibat buruk bagi tubuh, bahkan dapat merusak tubuh. Salah satu efeknya adalah menyebabkan penuaan dini pada seseorang. Hal ini dikarenakan rusaknya senyawa lemak serta elastisitas dan kencangkan kulit, yang ujung-ujungnya, menyebabkan kulit menjadi keriput.

Antioksidan

Sedangkan antioksidan adalah lawan dari radikal bebas. Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit, serta memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sel kulit. Selain itu antioksidan akan melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Itulah mengapa antioksidan sangat besar manfaatnya pada kecantikan kulit. Karena selain fungsi-fungsi di atas, antioksidan juga dapat merangsang produksi kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk melakukan dari generasi.

Antioksidan bisa kita dapatkan dari makanan maupun minuman yang banyak mengandung vitamin C. Kita juga bisa mendapatkan antioksidan dari makanan dan minuman yang mengandung vitamin E atau betakaroten.
Sedangkan dari dalam tubuh antioksidan berasal dari enzim superoksida, dismutase, glutation, peroksidasi dan katalase. Manfaat lain dari antioksidan selain sebagai musuh utama radikal bebas. Antioksidan juga yakini mampu mencegah penyakit Alzheimer, yaitu sebuah penyakit pada orang-orang yang sudah memiliki usia lanjut, serta penyakit kardiovaskular, sebuah penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Dan bagi wanita, antioksidan juga dapat mencegah tumbuhnya kanker payudara.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh.

1.Sebagai sumber kekebalan bagi tubuh untuk melawan bakteri dan virus.
2.Berfungsi sebagai anti aging atau melawan penuaan dini.
3.Mencegah kanker terutama kanker payudara tempa
4.Memberikan perlindungan pada sistem saraf sehingga berfungsi sebagai anti Alzheimer.
5.Membantu menjaga kesehatan mata serta mencegahnya dari makula dan glaucoma.
6.Berfungsi meminimalkan proses oksidasi kolesterol serta menjaga jantung tetap sehat.

Semoga dengan tahunya anda tentang Radikan bebas dan atioksidan dapat menambah kosakata anda dalam dunia kecantikan.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY