5 Kebiasaan Buruk Wanita Yang Merusak Kecantikan

skin careManusia telah terlahir dengan anugrah seperti kecantikan dan ketampanan serta kulit mulus yang sempurna. Akan tetapi, gaya hidup manusia masa kini seringkali membuat mereka terlihat lebih buruk dari pada yang seharusnya. Banyak wanita yang memiliki wajah cantik, kulit mulus, tetapi tidak bisa merawat diri atau bahkan salah dalam perawatan diri sehingga kecantikan merekapun terkubur bersama rasa malas dan tindakan ceroboh.

Kita tahu bahwa setiap orang menginginkan dirinya untuk tampil cantik dengan kulit yang bersinar. Namun semua itu hanya akan menjadi impian belaka jika tidak ditunjang dengan pengetahuan serta perawatan yang baik. Lebih parahnya lagi, beberapa wanita seringkali terjebak pada kebiasaan-kebiasaan buruk yang mempengaruhi kecantikan mereka.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kecantikan seseorang:

1. Olahraga Dengan Menggunakan Make Up

Kegiatan berolahraga memang sangat baik. Akan tetapi, berolahraga dengan menggunakan makeup di wajah sebenarnya sangat berbahaya. Ini dikarenakan, ketika kita melakukan aktivitas olahraga suhu tubuh kita akan meningkat. Saat suhu tubuh meningkat maka pori-pori kulit akan otomatis terbuka. Nah, ketika pori-pori terbuka inilah kosmetik dapat masuk ke dalam pori-pori dan membawa bakteri.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan pori-pori tertutup dan menimbulkan jerawat. Jika harus menggunakan kosmetik sambil berolahraga, yang dianjurkan hanyalah tabir surya dan handuk bersih untuk menghapus keringat.

2. Tidak Menggunakan Tabir Surya

a. Ketika Berolahraga
Jika anda ingin beraktifitas diluar ruangan yang sehingga anda akan terpapar sinar matahari langsung. Ada baiknya anda mengenakan tabir surya terlebih dahulu sebelum keluar.

b. Sebelum Menggunakan Make Up
Anda dapat menggunakan tabir surya sebelum menggunakan make up. Karena matahari bisa merusak sel-sel yang melindungi kulit. Make up tidak mampu melindungi kulit dari bahanya ultraviolet A atau B. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap menggunakan tabir surya terlebih dahulu sebelum menggunakan make up.

3. Tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama kulit. Vitamin berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan.
Mengkonsumsi Vitamin adalah sebuah keharusan, karena semakin tua usia seseorang, maka kulitnya akan lebih sulit menerima asupan gizi dari luar.
Contohnya seperti dari Cream vitamin. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan gizi atau vitamin dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin maka kita bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah.

Beberapa vitamin yang penting untuk kulit diantaranya adalah Vitamin C dan vitamin E.
Vitamin ini dapat meningkatkan kecerahan serta melindungi kulit dari peradangan.
Selain itu dibutuhkan juga vitamin A untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, dan juga berfungsi sebagai anti aging serta dapat mengurangi kerutan.

4. Menggunakan Scrub

Menggunakan scrub untuk mengurangi minyak pada wajah secara berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan kelembaban. Jika kulit terlihat kusam, kehilangan kelembapan dan kering. Selain itu jika anda menggunakan scrub, ada baiknya anda jangan menggosok terlalu keras karena wajah memiliki kulit yang sensitive.

5. Exfoliator

Menggunakan exfoliator secara berlebihan dapat merusak kulit. Kosmetik yang mengandung bahan pengelupas kulit atau exfoliator jangan terlalu sering dipakai. Karena apabila terlalu sering dipakai dapat melukai kulit dan menyebabkan kekeringan. Jika anda harus menggunakan exfoliator atau kosmetik yang mengandung bahan pengelupas seperti bahan pengelupas alfa dan beta hidroksi. Ada baiknya anda mengikuti saran berikut.

a. Gunakan dua jenis kosmetik sekaligus. Yang pertama adalah kosmetik yang mengandung asam berkonsentrasi rendah.
b. Dan yang kedua, gunakan tabir surya untuk menguatkan kulit.

So… Berhati-hatilah dalam merawat wajah anda :).

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY