Manfaat Sauna atau Mandi Uap Untuk Kecantikan

saunaPernah pergi ke Sauna? Atau mungkin anda baru mengenal nama ini? Mandi uap atau yang sering disebut sauna memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya adalah untuk mengurangi stress, mengurangi rasa cemas, serta dapat membuat kita menjadi sehat. Dengan sauna secara teratur kita akan merasa rileks serta dapat menenangkan pikiran. Di Kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung serta Denpasar kini mulai banyak di kembangkan sauna-sauna yang sengaja di sediakan di berbagai pusat kecantikan seperti spa dan pusat-pusat kebugaran. Tempat sauna ini memang dimaksudkan untuk memberikan tempat relaksasi bagi pelanggannya. Selain manfaatnya yang baik bagi kesehatan, mandi air hangat atau mandi uap ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Berikut adalah beberapa penjelasan mengapa mandi air hangat atau sauna dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

  1. Dengan mandi air hangat atau mandi uap atau sauna darah kita akan menjadi lancer. Detak jantung akan meningkat hingga 50 persen. Dengan aliran darah yang lancar oksigen akan terdistribusi dengan baik keseluruh tubuh. Terpenuhinya kebutuhan akan oksigen menyebabkan kulit menjadi sehat segar dan lebih merona.

  2. Manfaat yang kedua adalah untuk mengeluarkan racun serta zat berbahaya dari dalam tubuh. Mandi air hangat atau mandi uap akan membuka pori-pori tubuh kita, kemudian tubuh akan mengeluarkan keringat. Bersamaan dengan keluarnya keringat makan banyak racun-racun serta zat-zat berbahaya di dalam tubuh kita akan ikut juga terbuang. Dengan terbuangnya racun atau zat-zat yang berbahaya yang terdapat di bawah lapisan kulit, akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Proses ini dikenal dengan nama proses Detoksifikasi.

  3. Manfaat yang tak kalah pentingnya dari mandi uap adalah untuk meningkatkan produksi kolagen. Tahukah anda apabila produksi kolagen meningkat maka sel kulit mati akan lebih mudah untuk terangkat dan kolagen akan membentuk sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan terangkatnya sel kulit mati dan tumbuhnya sel-sel kulit baru yang lebih sehat akan menjadikan kulit tampak bersih serta lebih halus.

Selain kaya akan manfaat, ternyata mandi sauna juga dapat mendatangkan beberapa efek samping yang perlu anda ketahui.

  • Efek samping yang pertama adalah mandi sauna terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya.
  • Sauna terlalu lama dapat menyebabkan tubuh berkeringat terlalu banyak sehingga kemungkinan anda akan anda akan menjadi dehidrasi.
  • Jika anda menggunakan sauna umum ada baiknya anda menggunakan handuk sebagai alas duduk karena anda tentu tidak ingin terkontaminasi oleh bakteri maupun kuman yang berasal dari penggunaan sauna sebelumnya.
  • Bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan sebelum anda mandi air hangat atau sauna. Ini dikarenakan karena mandi air hangat atau sauna dapat meningkatkan kinerja jantung hingga 50 persen serta melancarkan peredaran darah hingga 30 persen.

Ingin merasakan bagaimana rasanya mandi Uap, silahkan datang ke persewaan sauna terdekat di kota anda.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY