10 Tips Memilih Sunblock Yang Tepat

image from : dreamstime.com

image from : dreamstime.com

Jika anda sering beraktifitas diluar ruangan, atau jika anda sering keluar dengan menggunakan kendaraan bermotor ada baiknya anda sering-sering menggunakan sunblock. Karena bahaya dari sinar matahari selalu mengintai kesehatan kulit anda setiap saat, terlebih di siang hari ketika matahari bersinar dengan sangat terik. Selain dapat menyebabkan kulit menjadi gelap sinar matahari yang mengandung UVA juga dapat menyebabkan kanker pada kulit.

Dalam hal ini, kita yang akan  memilih dan menggunakan sunblock tidak boleh sembarangan. Karena kita harus melihat kondisi atau aktifitas apa yang akan kita lakukan, dan juga warna kulit yang di miliki. Jadi satu jenis sunblock tidak bisa digunakan untuk berbagai aktifitas dan kondisi yang berbeda.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sunblock yang baik dan tepat untuk kulit anda :

1.Matahari Siang
Sinar Matahari yang terpancar pada siang hari sangatlah menyengat terlebih ketika matahari tepat berada di atas kepala dimana matahari sedang panas-panasnya. Sebaiknya anda tidak melakukan banyak aktifitas saat tengah hari. Jika anda harus beraktifitas disiang hari usahakan agar tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

2.Pakaian
Kita yang tinggal didaerah tropis memang lebih senang memilih pakaian yang minim untuk menutupi kulit agar tidak kepanasan atau agar terasa lebih sejuk. Tapi tahukah anda dengan berpakaian lebih banyak, atau lebih banyak kulit yang tertutup maka anda akan menjadi lebih aman dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit.
Jika anda merasa tidak nyaman dengan pakaian yang banyak menutup kulit anda baiknya anda memilih pakaian yang terbuat dari bahan yang tipis sehingga angin masih bisa masuk kedalam dan membuat anda lebih nyaman.

3.Air Putih
Air putih akan membantu menjaga kulit tetap lembab. Dengan kulit yang lembab maka kulit akan terbantu untuk menjadi lebih terjaga dari sinar ultraviolet. Selain itu kondisi kulit yang lembab juga secara tidak langsung membantu kerja sunblock menjadi lebih efektif dan kuat.

4.Beraktifitas di Pantai
Beraktifitas di pantai yang kebanyakan memang tidak memiliki tempat teduh harus anda perhatikan. Faktor sengatan matahari langsung atau jika anda ingin berjemur ada baiknya anda sering-sering menggunakan sunblock secara berkala.

5.Sunblock dengan SPF 30 atau lebih
Sunblock yang memiliki SPF hingga 30 atau lebih dapat menlindungi kulit anda sekitar 300 menit. Nah dengan demikian jika anda harus beraktifitas lama dibawah sinar matahari anda tidak perlu lagi kuatir akan kehabisan perlindungan.

6.Spektrum Sunblock
Spekturum sunblock yang lebar akan membantu anda melindungi kulit dari paparan sianr ultra violet baik itu sinar Utraviolet A (UVA) atau Sinar Ultraviolet B (UVB).

7.Gunakan Sunblock Secara Berkala
Segera setelah masa efektif sunblock anda berakhir, gunakan kembali sunblock karena apabila masa efektif pemakaian sunblock habis secara otomatis kulit anda tidak ada yang melindungi.

8.Aktifitas di Air
Jika anda beraktifitas di air, pastikan anda menggunakan sunblock yang tahan air, atau anda dapat mengungali memakai sunblock segera setelah anda selesai beraktifitas di air, karena secara tidak sadar sunblock anda akan ikut luntur karena terkena air yang berlebihan.

9.Belilah Sunblock Setiap Tahun
Efektitias produk sunblock yang sudah digunakan akan terus berkurang dan biasanya hanya bertahan sekitar 12 bulan. Jadi belilah produk baru jika produk sebelumnya belum habis dalam pemakaian 1 tahun.

10.Hindari Sunblock Berbahan Oxybenzone
Oxybenzone adalah sun screen atau pelindung dari sinar matahari. Tapi Oxybenzone memiliki kandungan yang berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan kanker kulit.

Selamat menjaga kulit cantik sehatmu dengan cara yang benar 🙂

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY