Merawat Kulit Sesuai Tipe

kulit berminyakMerawat kulit sama seperti merawat sebuat berlian, jika salah perawatan makan berlian itu akan rusak dan jadi tidak menarik. Begitupun dengan kulit, jika kita salah merawatnya, bukan cantik yang kita dapat, melainkan kerusakan kulit yang tidak bisa kita sangka. Nah.. sebelum melakukan perawatan kepada kulit anda, kenali dulu bagaimana tipe kulit yang anda miliki, dengan begitu perawatan akan menjadi lebih baik dan tepat sasaran. Bagaimana cara mengetahui jenis kulit yang anda miliki, ini caranya.

  1. Jika hampir tidak ada masalah apapun seperti kulit berminyak secara berlebih atau terlalu kering, sudah bisa dipastikan kulit yang kamu punya adalah jenis kulit normal. Memiliki Pori-pori yang tidak terlalu besar dan terlihat halus secara keseluruhan merupakan ciri-ciri kulit normal. Perawatannyapun tergolong sangat mudah, hanya menggunakan pembersih wajah yang lembut serta toner untuk mendinginkannya yang kemudian oleskan pelembab sambil dipijit perlahan.
  1. Tipe ke dua adalah, Kulit kering. ada banyak penyebab yang membuat kulitmu menjadi kering, diantaranya adalah pengaruh sinar UV, faktor hormon, atau bahkan dari pengobatan yang tidak sesuai. Untuk melihatnya, kulit mengelupas dan pecah-pecah yang disertai rasa gatal pada permukannya. Selain itu, kulit juga terlihat tidak elastis dan segar. nah.. bagaimana cara mearawatnya? Usahakan untuk selalu memberi pelembab ketika kamu usao bersentuhan dengan air seperti mandi atau hanya sekedar mencuci muka.
  1. Kulit berminyak, kulis jenis ini memiliki pori-pori yang besar yang menyebabkan banyak tumbuhnya komedo dan jerawat. Kulit berminyak sering terjadi kepada yang dalam masa pubertas atau pengaruh stress dan hormon yang tidak seimbang. Kulit sering terlihat mengkilat dan licin. Untuk merawat kulit yang berminyak gampang-gampang sulit. Kenapa begitu? ya… tentu saja, jika sering membersihkan minyaknya, kulit akan menjadi kering karena itu, jangan terlalu sering membersihkan wajah dan gosoklah dengan lembut. Ups.. hati-hati dengan jerawatnya, kadang tangan jahil ini suka pencet sana pencet sini, hindari ya..
  1. Tipe Kulit Sensitif, kulit sensitif terjadi bukan begitu saja tanpa alasan-alasan, mulai mencari apa penyebab umum yang bisa mengakibatkan kulit cantikmu jadi sensitif. Bisa jadi, karena seringnya kulit berpaparan dengan berbagai macam produk kecantikan yang tidak cocok. Atau karena seringnya anda berada di bawah sinar matahari yang menyebabkan gatal-gata pada wajah. Untuk tau keadaan kulitmu yang sedang sensitif, bisa dlihat dari bentuknya yang kering dan kemerahan. Untuk merawat kulit sensitif, gunakan pembersih yang mengandung hipoalergenik dan jangan menggunakan sabun untuk mencuci wajah anda.
  1. Tipe kulit Kombinasi, tipe kulit ini memiliki ciri-ciri yang acak. Ada area-area tertentu yang berminyak terutama di area T, kemudian di bagian lain kering. Dengan adanya komedo dan kulit terlihat mengkilat juga pori-pori yang melebar, sudah bisa dipastikan ini adalah jenis kulit kombinasi. Untuk mengatasi tipe kulit kombinasi, anda hanya perlu mencucui wajah di pagi dan malam hari, jangan lupa untuk megoleskan krim pembersih untuk menyeimbangkan kelebihan minyak di area wajah yang kering.

Kalau sudah tahu tipe kulit mana yang anda miliki, saya yakin perawatan kulit wajah akan semakin maksimal dan tertangani dengan baik.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY