5 Faktor Penyebab Jerawat Dan Cara Mengatasinya

mengatasi wajah berjerawatWajah yang berjerawat adalah hal yang paling dihindari oleh semua wanita, banyak wanita bingung dan mencari solusi setelah wajah mereka telah berjerawat. Padahal, kemungkinan apakah anda akan berjerawat atau tidak bisa anda kenali sebelumnya, bahkan sejak dini. Salah satunya dengan cara melihat melalui gen, apabila anda adalah keturunan dari wanita atau pria yang berjerawat maka kemungkinan besar anda juga akan ikut-ikutan berjerawat nantinya.

Selain gen faktor-faktor penyebab yang lainnya bisa bermacam-macam dan tidak ada seorang pun yang mengharapkan jerawat muncul dan menghiasi wajahnya tidak saya ataupun anda. Tetapi kita seringnya tidak punya pilihan karena jerawat datang tanpa diundang.

Jerawat memang membuat kita sering kehilangan kepercayaan diri ketika menjadi pusat perhatian atau ketika bertatap muka. Belakangan berbagai inovasi telah dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan kecantikan internasional yang bisa membuat kita bisa bernafas lega.

Berikut kami akan membahas 5 faktor utama penyebab timbulnya jerawat serta cara mengatasinya.

  1. Gen

Faktor gen atau keturunan memang membuat kita tidak punya pilihan selain pasrah menerima kemunculan jerawat diwajah. Darah yang mengalir di tubuh kita terbentuk dari darah antara Ayah atau Ibu oleh karena itu cukup lihat masa muda Ayah atau Ibu, jika mereka berjerawat maka kemungkinan besar anda pun akan berjerawat.

Cara mengatasinya:

Dengan mengetahui bahwa anda adalah keturunan orang yang berjerawat maka semakin mudah anda mencegah timbulnya jerawat lebih banyak. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan darah anda. Anda bisa mengkonsumsi beberapa obat pembersih darah sesuai dengan anjuran dokter kecantikan anda atau yang banyak dijual secara bebas di pasar.

  1. Jenis Kulit

Faktor selanjutnya yang paling dominan adalah jenis kulit yang anda miliki. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat karena protein berlebih yang dihasilkan kulit, tapi bukan berarti orang yang memiliki tipe kulit kering tidak bisa berjerawat. Banyak dari mereka yang berkulit kering juga sering bermasalah dengan jerawat.

Untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa tips dibawah ini.

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, anda dapat mencegah jerawat terus timbul dengan mengurangi kadar minyak dimuka anda yang sering menangkap bakteri dan debu dengan rutin mencuci muka minimal 2 kali sehari dengan menggunakan Zalfa Miracle Facial Wash yang dilengkapi dengan formulasi untuk mencegah terjadinya jerawat seperti Tea tree oil dan epilobium extract sebagai anti bakteri jerawat. Dan jika anda adalah orang yang memiliki tipe wajah kering anda dapat menghindari sabun pencuci muka yang banyak mengandung busa, dan sebaiknya anda menggunakan sabun pencuci muka yang bahan utamanya mengandung minyak.

  1. Kosmetik Yang Salah

Menggunakan Produk yang tidak tepat adalah faktor pengundang jerawat selanjutnya, maraknya berbagai produk yang menawarkan solusi instant terkadang tidak sesuai dengan jenis kulit muka yang anda miliki jadi pastikan anda memilih produk kosmeetik yang ramah terhadap jenis kulit wajah anda. Salah memilih dan menggunakan produk bisa berakibat fatal dan membuat anda yang sebelumnya tidak berjerawat menjadi berjerawat.

  1. Kebersihan Peralatan Kecantikan

Mulailah memperhatikan kebersihan berbagai hal yang sering menyapa wajah anda seperti, tangan anda sendiri, kuas makeup, bedak, hingga handuk yang sering anda gunakan.

Solusinya adalah dengan menjaga kebersihan semua peralatan kecantikan anda, pastikan tangan anda bersih dan benas dari kuman serta bakteri saat menyentuh wajah, cucilah handuk secara rutin.

  1. Aktifitas

Rutinitas yang anda lakukan sepanjang hari di dalam dan di luar ruangan tentu banyak mengundang kotoran untuk menempel di wajah anda. Mulai dari debu saat berkendara, debu yang diterbangkan angin, bahkan air hujan terkadang mengandung asam yang tidak baik bagi kulit wajah.

Untuk mengurangi resiko terkena jerawat akibat faktor-faktor eksternal ini anda harus rajin dan segera mencuci muka dengan air bersih setelah bepergian atau setelah kehujanan.

ABOUT AUTHOR

Husnul Khotimah

NO COMMENTS

GIVE A REPLY