5 Aktivitas yang Harus Dihindari Ketika Mengobati Jerawat

jerawatJerawat adalah salah satu permasalahan wajah yang paling banyak di alami oleh orang-orang. Tidak peduli usia, pekerjaan, tempat tinggal, ataupun status sosial, semua orang memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan permasalahan wajah yang satu ini.

Asal Muasal Jerawat

Pada kulit manusia terdapat ratusan folikel rambut, yaitu pori-pori tempat rambut halus tumbuh. Dalam setiap folikel ini terdapat sebuah kelenjar yang disebut sebaceous. Kelenjar inilah yang akan memproduksi semacam minyak yang dinamakan sebum. Sebum memiliki fungsi untuk menghaluskan dan melembutkan rambut dan kulit kita.

Ketika sebum yang dihasilkan berlebih, minyak ini akan bercampur dengan sel-sel kulit yang telah mati. Dalam kondisi ini, ketika ada bakteri yang terperangkap pada folikel/pori-pori yang telah tertutupi campuran tadi, bakteri tersebut akan menyebabkan masalah pada kulit kita. Bakteri tersebut akan bertambah banyak, membuat kulit bengkak, berwarna kemerahan, dan menyebabkan nyeri. Permasalahan inilah yang disebut sebagai jerawat.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Kerika Berjerawat

Ada banyak cara mengatasi jerawat. Sebenarnya kita tidak perlu melakukan atau mencoba semuanya. Hanya saja terkadang perawatan-perawatan yang ada justru menjadi tidak efektif dikarenakan aktivitas-aktivitas yang kita lakukan yang justru menjadikan kondisi jerawat semakin memburuk. Apa saja aktivitas-aktivitas yang terlarang dan harus dihindari bila anda ingin mengatasi permasalahan jerawat? Simak ulasan singkatnya di bawah ini

  1. Menggosok wajah memakai pembersih wajah yang kasar. Ada banyak macam pembersih wajah. Termasuk yang memiliki tekstur cenderung kasar. Menggunakan sabun atau pembersih wajah yang bertekstur kasar justru tidak membuat jerawat anda teratasi, malah menjadikan kondisi jerawat semakin buruk dan sulit diatasi.
  2. Menggunakan produk pembersih wajah yang memiliki kandungan alkohol. Kandungan alkohol yang tinggi pada sabun atau pembersih wajah cenderung menyebabkan iritasi dan menjadikan kulit terasa kering. Sebagai mekanisme alamiah, ketika kulit menjadi kering atau iritasi, maka tubuh akan menghasilkan minyak lebih banyak dari biasanya. Kondisi inilah yang justru menyebabkan munculnya jerawat lebih banyak lagi.
  3. Mengorek, menggaruk, atau memencet jerawat. Munculnya jerawat di wajah menyebabkan kita memiliki keinginan untuk memencetnya. Mungkin kita menganggap aktivitas seperti itu bisa menghilangkan jerawat dari wajah anda. Namun, tahan keinginan anda itu! Setiap sentuhan pada jerawat berpotensi untuk menyebabkan peradangan baru dan hampir pasti akan meninggalkan bekas luka di wajah.
  4. Memakai pelembab atau tabir surya yang mengandung minyak. Rasanya sudah cukup jelas alasan mengapa jangan menggunakan produk yang justru memicu adanya minyak berlebih di wajah. Oleh karena itu, jika anda ingin permasalahan jerawat anda cepat tuntas, pastikan anda menggunakan pelembab wajah yang bebas minyak.
  5. Jauhkan produk-produk semisal gel rambut, hairspray, dan semacamnya dari wajah. Semua produk tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah anda yang justru akan menjadi salah satu cikal bakal permasalahan jerawat anda yang lain. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sehabis memakai produk-produk tersebut untuk memastikan wajah anda bersih dari minyak.

ABOUT AUTHOR

NO COMMENTS

GIVE A REPLY